Sunday, September 16, 2018

3 Jenis tomat berdasarkan tinggi pohon dan pertumbuhanya

Tomat adalah tumbuhan yang berasal dari amerika, yang memiliki nama latin " Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum " yang termasuk jenis tanaman " solanaceae " ( suku terong terongan ). jenis tanaman tomat termasuk tumbuhan dengan masa hidup singkat, dan memiliki batang dan daun yang tak dapat di konsumsi karena mengandung alkaloid. namun buah tomat yang berwarna hijau,kuning,merah ini, banyak di konsumsi sebagai bahan bumbu masakan atau di konsumsi secara langsung. dari manfaat buah tomat tersebut menjadikan penyebaran tanaman tomat ke berbagai negara, hingga sampai pula di negeri Indonesia ini.



Tanaman tomat bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun rendah. dengan ketinggian tanaman bisa tumbuh antara 1 hingga 3 meter, tergantung jenis varietas nya. meski banyak varietas tomat yang muncul secara alami atau proses penyilangan, tapi jenis tomat ada 3 macam berdasarkan pertumbuhanya, yaitu :

1. Tipe determinate

Tipe determinate ini adalah tanaman tomat yang pertumbuhanya berahir dengan bunga dan buah, maka batang tanaman tidak terlalu tinggi. ketinggian pohon hanya mencapai 50 - 80 centi meter. umur panen pendek dan memiliki ciri pertumbuhan yang sangat cepat. gar tanaman bisa tumbuh lebih tinggi di anjurkan untuk tidak melakukan perempelan tunas air pada ketiak daun terlalu dini.

2.  Tipe indeterminate

Adalah jenis tomat yang tidak di ahiri dengan rangkaian bunga dan buah. umur panen lumayan lama, juga pertumbuhan batang dan daun juga lambat. tipe indeterminate ini mampu tumbuh 160 cm hingga 2 meter lebih. namun meski begitu umur tomat jenis ini juga hanya 4 bulan.


3. Tipe semi indeterminate (intermediate)

Tipe yang terahir ini adalah hasil persilangan antara determinate dan indeterminate. jadi tomat ini menghasilkan jenis tomat hibrida dengan ketinggian sedang juga pertumbuhan batang daunya yang sedang,karena penggabungan karakter kedua jenis tersebut.


This Is The Newest Post