Wednesday, September 12, 2018

Cara produksi arang sekam atau sekam bakar sendiri

Bagusnya fungsi arang sekam sebagai media tanam Hidroponik atau media tanam berbasis tanah sudah tak asing lagi. banyak produsen yang memproduksi sabut kelapa dan arang sekam siap pakai dengan merk dagangnya sendiri seperti gambar di bawah ini.



Mengapa arang sekam menjadi pilihan bagus untuk campuran media tanam tanah ?... karena  selain membuat tanah menjadi porous dan menjaga sirkulasi oksigen media tanam, arang sekam juga mempunyai kandungan yang sangat di butuhkan sebagai berikut :

SiO2 52% dan unsur C 31% dan komposisi unsur hara lainya Fe203, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam kadar yang begitu sedikit. sedangkan untuk unsur hara arang sekam antara lain : nitrogen (N) 0.32%, phosphat (P) 0.15%, kalium (K) 0.31%, calsium (Ca) 0.96%, Fe 180 ppm, Mn 80.4 ppm, Zn 14.10 ppm dan pH 8,5 – 9,0.

Jika anda ingin memangkas biaya tanam tanpa harus membeli arang sekam yang siap pakai, Sobat tanam bisa membuat atau membakar sendiri sekam dengan cukup mudah. yang perlu di siapkan hanyalah 'ramraman' kawat yang biasa di pakai untuk kurungan ayam atau burung, lalu potong dan gulung hingga membentuk silinder seperti di bawah ini :




Fungsi dari kawat silinder tersebut sebagai ruang untuk membakar gunungan sekam dari titik tengah bagian bawah. di maksudkan agar sekam terbakar semua secara merata dari titik bara tengah bagian dalam.

Setelah gunungan sekam padi di beri kawat silinder, bakar dengan menggunakan kertas lalu masukkan ke dalam gulungan kawat. jika sekam sudah menyala terbakar dan punya cukup bara segera matikan nyala api dengan meniupnya atau matikan dengan cara apa saja. dengan begitu bara sekam akan perlahan merambat ke semua gunungan sekam. 

mengapa begitu? karena jika di bakar dengan nyala api maka sekam akan menjadi abu bukan arang.




Lalu biarkan proses tersebut sampai selesai, memang memakan waktu berjam-jam lamanya. setelah sekam menjadi hitam arang semua segera matikan bara sekam dengan menyiramkan air sampai benar-benar mati agar tak menjadi abu jika di biarkan.



Setelah menyiramnya arang sekam sudah siap digunakan sebagai campuran media tanam.

Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi sobat tanam semua dalam bercocok tanam, like dan share jika memang tulisan ini sobat rasa bermanfaat.terima kasih.